Home > Pengetahuan > lindungi komputer dari virus spyware & hacker

lindungi komputer dari virus spyware & hacker

Gangguan pada komputer tidak selalu disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada piranti keras atau piranti lunak. Virus dan spyware juga bisa menyebabkan kinerja komputer terganggu yang disebabkan oleh pihak eksternal dengan tujuan yang beragam seperti untuk mencuri data, merusak hardware, menghapus file, mengambil alih kontrol komputer dan lain sebagainya. Yang pasti, kedatangan virus dan spyware tidak membawa keuntungan pada komputer yang terinfeksi. Virus dan spyware komputer bisa menyerang komputer kita walaupun tidak pernah online ke internet sekalipun. Komputer yang dihubungkan dengan disket atau usb flash disk-pun bisa tertular dari software yang diinstall kalau tidak hati-hati. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah berbagai tindakan pencegahan agar komputer kita tidak terkena virus atau spyware baik yang ringan maupuan yang tingkat berat.
spy 1
1. Jangan sembarangan membuka Attachment Email. Jangan membuka file attachment pada emailyang kamu terima walaupun dari orang yang kamu kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya.
2. Pasang software keamanan yang terbaru. Pastiakan komputer kamu terinstall 3 jenis software keamanan utama dan terpasang denag setting yang otomatis mengamankan komputer kamu. Software-software ini adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta membloker serangan hacker serta koneksi dari luar. Pastiakan kesemuanya update/ sudah ter-update dengan defenition dan patch terbaru yang memperkecil peluang virus dan spyware varian baru melakukan infeksi pada komputer.
3. Gunakan fasilitas User Account biar lebih aman, buatlah account khusus untuk tamu / guest d engan batassan-batasan tertentu yang bisa kamu setting sendiri. Seseorang yang tidak kamu duga bisa menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang telah terinfeksi virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang software semata-mata untuk merekam saegala aktifitas kamku dan password yang biasa kamu gunakan.
4. Selalu waspada kalau kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres pada komputer kamu, segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan baik dan semestinya. Dan kalau kamu mendapatkan pertanyaan un6tuk menginstall software dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah. Ikutilah perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access intrernet pada program firewall kamu.
h1

Categories: Pengetahuan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: